Sejuta Manfaat Menulis Buku Harian
Self Improvement, Story

Ternyata Menulis Diary itu banyak Manfaatnya. Cobain Deh!

Bagi saya setiap moment yang telah di jalani dalam 1 harian penuh adalah moment yang sangat berharga, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Karena moment ini tidak ada terulang lagi di kemudian hari. Meskipun moment tersebut sebuah hal yang negatif berupa kekecewaan, kegagagalan, kesedihan, penyesalan, ataupun hal yang positif berupa kebahagiaan, keceriaan, kesenangan, kemenangan, pencapaian, dll.

Itu semua adalah sebuah cerita yang begitu indah yang telah tertulis rapi di lauhul mahfudz seperti cerita film yang di sutradarai oleh Sang Maha Pemilik Kehidupan.

Maka, dari itu untuk mengabadikan moment tersebut, setiap hari saya usahakan selalu menuliskan dalam buku diary.

Yah, meskipun di bilang terlalu melow, atau apalah. Tapi, nggak masalah, bagiku menuliskan diary dalam kertas memiliki sebuah manfaat yang begitu banyak. Dan inilah value yang aku dapatkan, sehingga tidak menuliskan 1 hari aja ada yang kurang dan rasanya kesel banget.

Secara garis besarnya, dari diary inilah kedepan kita bisa mengevaluasi tentang kesalahan kita di masa lampau dan meminimalisir kesalahan di masa depan. Harapan kita semua tentu jelas, untuk meraih kesuksesan bukan? Setuju ya..

Tapi, yang lebih greeget lagi dari buku diary, kita bisa mendapatkan bahan cerita untuk Anak cucu kita kedepan nantinya. hahaha.

Wes, pokoknya itulah.. Hanya sedikit Jokks supaya tidak spaneng untuk membacanya. Oke, kali ini kita agak serius ke inti dari artikel saya tulis kali ini. Tentang manfaat menulis diary.

Menghilangkan Rasa Stress

Entah kenapa, setiap ada problem masalah hal yang sering saya lakukan yaitu menulis masalah tersebut ke dalam kertas. Wes, apa aja. Mulai dari masalah yang berat atau yang ringan-ringan. Mulai dari problem bisnis, pribadi, spiritual, intelektual, finansial, relashionsip, dll. Wes pokoknya saya tulis semua. Seperti curhat dalam kertas begitu.

Tapi, dengan terapi menulis diary, entah bagaimana secara otomati otak itu mencari solusi terbaik dari permasalahan yang kita alami pada saat itu. Dan saat itu juga, pikiran Anda akan terasa lebih ringan dan jernih.

Nah, ada pnelitian unik ini. Menurut Penulis buku Writing to Heal, Dr. James Pennebaker, mengatakan bahwa terjadi peningkatan fungsi kekebalan tubuh saat menulis. Dengan menulis buku harian, seseorang dapat menerjemahkan pengalamannya ke dalam bahasa sehingga membebaskan dirinya dari beban yang dialaminya.

Menulis dapat menjadi penyembuh diri yang baik secara emosional, fisik, dan psikologis. Penelitian juga menunjukkan, bahwa pelepasan emosi dari menulis buku harian dapat menurunkan kecemasan, stres, dan mendorong tidur yang lebih baik.

Kalau tidak percaya silahkan coba aja…

Membuat menjadi semakin disiplin

Habbit disiplin yang berbau positif memang tidak bisa di bangun hanya 1 atau 2 hari saja. Perlu waktu untuk membentuknya, supaya bisa disilin secara sempurna.

Begitu juga menulis diary, memang sekali atau dua kali akan terasa berat, tapi lama-lama akan terasa ringan.

Menyempatkan waktu sekitar 30menit sampai 1 jam setiap harinya, untuk menulis diary membuat kita akan berusaha mengatur waktu sebaik mungkin supaya moment menulis dalam buku diary ini tidak terlewatkan.

Dari, hal yang simpel ini kalau bisa kerjakan secara disiplin saya yakin banget bisa berdampak dalam kehidupan Anda kelak nantinya.

Meningkatkan IQ

Kali ini saya lansir dari situs suara.com. Bahwa, laporan dari University of Victoria mencatat, kegiatan menulis adalah sebagai bagian dari pembelajaran bahasa yang memiliki korelasi positif dengan kecerdasan.

Menulis buku harian dikatakan sebagai eksplorasi bahasa. Hal ini akan mendorong diri secara alami untuk mencari kosakata baru yang akan ditulis dalam diary tersebut.

Dengan begitu daya IQ dalam otak kita akan lebih meningkat.

Semangat mencapai tujuan

Jadi gini, saat menulis diary nantinya Anda tidak hanya menulis perasaan, ataupun peristiwa kejadian pada hari itu. Tapi, Anda pasti akan menuliskan tentang Dream(Impian) Anda kedepan dan ambisi yang ingin Anda capai.

Karena, rasanya tidak mungkin deh, kalau manusia ini tidak punya IMPIAN? pasti punya dong. Entah itu kecil ataupun besar.

Dengan menuliskan impian atau cita-cita dalam buku diary, akan membuat Anda semakin semangat untuk menggapainya.

Meningkatkan keterampilan komunikasi

Kegiatan menulis adalah salah satu bentuk komunikasi. Nah, biasanya seorang yang terbiasa menulis buku harian memiliki cara berkomunikasi yang baik. Ingat, seorang komunikasi yang baik sama orang pinter Ngomong itu Beda ya.

Dengan menulis, seseorang akan terbiasa menyusun kata-kata menjadi kalimat. Dan itu akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasinya.

Jika Anda ini merasa kurang pandai dalam berkomunikasi, dengan menulis buku harian ini bisa menjadi terapi terbaik Anda, supaya bisa menjadi se0rang komunikator yang Luar Biasa.

Membangkitkan kreativitas

Kalau ini sudah pada tahu kan? bahwa dengan rajin menulis otak kita akan semakin terasah dan kreativitas kita pun bisa meningkat.

Menulis buku harian dapat membantu meningkatkan kreativitas penulisnya. Hal ini karena saat menulis buku harian, Anda tidak memiliki hambatan dan beban apapun, sehingga Anda bebas memunculkan pikiran atau gagasan apa saja di dalam buku harian tersebut.

Melatih ketrampilan Menulis

Bagi sahabat semua yang kelak ingin menerbitkan sebuah karya buku, tetapi bingung cara menulisnya.

Mungkin dengan menulis buku harian ini bisa menjadi ajang latihan Anda untuk meningkatkan keterampilan dalam menulis.

Pasalnya dengan menulis buku harian, kosa kata dalam tulisan Anda akan semakin bertambah.

Semakin Bersyukur kepada Sang Pencipta

Perlu Sabahat ketahui bersama, menulis diary dalam buku harian, mau tidak mau membuat sahabat akan merenung sejenak. Anda akan berfikir tentang kehidupan ini, bukan hanya soal kenikmatan yang Sahabat rasakan aja. Tapi, secara otomatis Anda akan merujuk kepada Siapa yang memberikan Nikmat tersebut?

Ya, tentu saja jawabannya sudah jelas yaitu Sang Pemilik Kehidupan. Entah, gimana caranya Sahabat akan selalu bersyukur kepadanya, karena memang nikmat yang diberikan di setiap harinya ini Luar Biasa Banget.

Dengan action rasa bersyukur ini, kehidupan Anda akan menjadi lebih enjoy, rasa yang damai, dan begitu tenang.

Mengevaluasi kepada diri Sendiri ataupun Kepada Sang Illahi Robbi

Yang, terakir ini adalah hal yang paling krusial menurutku. Karena, dengan menuliskan diary kita akan tahu kesalahan kita seharian penuh ini apa aja entah kepada orang lain, diri sendiri atapun kepada Sang Pencipta?

Karena tidak mungkin dalam 1 harian kita melakukan hal yang benar melulu, pasti ada sebuah kesalahan. Entah itu di sengaja ataupun tidak di sengaja.

Dengan begitu kita akan terus memperbaiki diri, untuk kedepan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan lebih berhati-hati.

Mungkin itu sedikit sharing tulisan dari saya. Semoga aja sedikit coretan ini bisa menginspirasi buat sabahat semua. Okey, jangan lupa jika emang ada manfaat yang sabahat dapatkan klik share ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *