web counters
Wisata Alam Kertoembo kec Kare Kabupten Madiun
Travel

Kertoembo, Tempat Camping yang Oke! Plus dengan Air Terjunnya yang Cantik

Ketenangan dengan mendengarkan nyanyian alam menjadi salah satu obat yang manjur di kala sudah suntuk dengan dunia pekerjaan. Sesekali menyempatkan waktu untuk healing juga perlu. Merenung sejenak untuk ketenangan batin, jiwa dan merefreshkan pikiran. Inilah yang saya lakukan bersama tim Berdikari Media Digital Agency untuk sejenak melupakan pekerjaan yang padat untuk mencharge energi. Kita memilih tempat camp di Kare, Desa Kandangan letaknya di Kertoembo. Untuk lokasi google maps saya letakkan di bawah ini.

Saya sendiri sudah datang kesini 2 kali, emang tempatnya mantap banget untuk camping bareng-bareng, baik bersama keluarga atau sahabat. Tempatnya yang luas, fasilitas yang lengkap, ditambah dikelilingi bukit dan pegunungan menjadikan tempat ini nyaman banget untuk camping.

Suguhan alam di Kertoembo tidak hanya berupa hijauan pepohonan dan tingginya pegunungan. Namun, ada juga Air Terjun yang cantik untuk bisa kita nikmati selama camp di tempat lereng gunung wilis ini. Air yang dingin dan sejuk akan begitu sangat menyegarkan dikala kita mandi dan menjeburkan badan.

Itulah sekilas dari tempat Camping Kertoembo berada di Kab Madiun. Salah satu tempat wisata yang oke, namun sedikit orang yang tahu.

Untuk lebih lengkap nanti saya ulas di bawah ya. Dalam konten ini saya kasih berupa video vlog, foto dan narasi untuk menggugah rasa traveling kamu, supaya mau berkunjung di Camping Ground Kertoembo ini. Hehehe.

Langsung saja, kalau kamu sudah bosan baca tulisan saya, silahkan lihat keseruan saya di video vlog ini.

Mau lebih puas? untuk cerita saya di Kertoembo. Silahkan baca dan scroll lagi…

Kita lanjut…

Pertama kita mulai dari perjalanan ya.

Saya berangkat pukul 10.00 dari dolopo beserta tim berdikari media, ada mas hendy, mas dodo, dan mas gilang. Namun, nanti disana bakal rame juga di temani sama Gus Farid yang bikin konten vlog youtube. Nanti videonya saya sertakan juga di akhir tulisan saya ini.

Persiapan sudah lengkap, mulai tenda, peralatan masak, logistik, tempat tidur, dll. Karena dirasa sudah cukup, kami pun langsung gas menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan Mobil.

Sebenarnya ini nggak patut untuk ditiru sih, menuju tempat camp Kertoembo menggunakan mobil. Pasalnya akses jalan menuju lokasi rusak, makadaman dan sempit banget. Karena bawaan kita banyak, bukan hanya perlengkapan camping, namun juga bawa sembako. Akhirnya kami memutuskan untuk bawa mobil. Sembako ini nanti, untuk Bakti Sosial di Desa Banaran yang terdiri hanya 10KK. CSR kecil-kecilan lah dari Berdikari Media Digital Agency. Kalau kamu mau datang di Kertoembo pasti akan melewati Desa Kecil ini yang ada di lereng gunung wilis.

Perjalan dari Dolopo menuju Kertoembo memakan waktu sekitar 2 jaman. Sebenarnya deket sih, namun kita memilih untuk santai, jadi ya begitu agak lama.

Izin Dulu, dan Kasih Tiket Retribusi

Sebelum masuk di tempat lokasi, kami izin dulu dengan satpam dan mbah wo. Karena tempat camp kita di area perusahaan kita harus izin dan pamit dulu ya temen2, jadi nggak bisa bebas. Selain itu kita juga memberikan retribusi kas, untuk pengembangan tempat wisata di Kertoembo. Ya, meskipun belum terkelola dengan baik, setidaknya temen-temen kalau mau datang di Camp Kertoembo, pamitan dulu sama satpam dan mbah wo disana ya, sama jangan lupa uang retribusi untuk pengembangan.

Setelah, ngobrol berbincang-bincang lama, sambil disuguhi secangkir kopi. Kami langsung lanjut perjalanan untuk masuk hutan belantara di Kebun Kopi Kandangan. Tujuan pertama kami di Desa Banaran, untuk berbagi sembako.

Bakti Sosial Sembako Di Desa Banaran

Acara Camp kita kali ini tidak hanya soal senang-senang aja, namun kita juga berbagi kesenangan dengan warga sekitar. Dari bawah kami sudah menyiapkan Sembako untuk dibagikan kepada warga Desa Banaran yang terdiri hanya 10 kk. Bisa dibilang desa ini juga terpencil sih, yang ada di Kab Madiun. Rata-rata, pencarian mereka adalah berkebun dan beternak. Hal ini kami lakukan sebagai CSR kecil-kecilan dari Perusahaan Berdikari Media Digital Agency. hehehe

Tak, cuman itu saja, kami juga membeli ayam di Kampung Banaran. Ayam ini nanti sebagai pelengkap pesta camping kita di kertoembo, dengan konsep masak-masak, makan bareng dengan menu rica-rica.

Yang unik dari Desa Banaran ini ternyata masih ada rumah loji peninggalan Belanda. Meskipun, nggak terawat dengan baik, namun bangunannya masih kokoh banget. Bangunan yang sangat bersejarah waktu Belanda menjajah indonesia.

Rumah Loji Belanda Desa Banaran, Kec Kare
Rumah Loji Belanda Desa Banaran

Oke, setelah kita selesai Bakti Sosial, kita langsung lanjut perjalanan lagi untuk ke tempat utama yaitu Kertoembo.

Camping Ground Kertoembo

Karena tujuan kita Camping, jadi setelah sampai di lokasi kami langsung bangun 3 tenda. Sama menyiapkan perlengkapan untuk masak-masak nantinya. Tak lupa, ayam yang sudah kita beli dari desa banaran segera kami eksekusi untuk segera di masak.

Singkat cerita… saya akan menjelaskan dan menceritakan suasana di tempat Camp Kertoembo.

Seperti nuansa pegunungan lainnya, suasana dingin, gemericiknya sungai menjadi teman saat kita Camp di Kertoembo. Sepi dan sunyi menjadi pelengkap yang damai, karena masih jarang dijamah oleh orang. Kicauan burung yang bernyanyi, menambah suasana menjadi lebih seru.

Tempatnya sendiri di kertoembo ini sangat luas, jadi kita bisa memilih untuk tempat camp sesuka hati deh. Selain itu fasilitas di Kertoembo ini juga lengkap, sudah ada Mushola dan Toilet. Jadi kalian nggak perlu bingung lagi untuk beribadah dan buang hajat.

Air Terjun KertoemboTak lengkap rasanya kalau sudah sampai di kertoembo nggak mampir di air terjunnya. Pasalnya juga cantik banget. Di tambah jarang ada yang mengunjungi lokasi ini, jadi masih asri. Saya dan teman2 langsung menjeburkan badan di bawah air terju. Waah seru dah dingin banget… pokoknya mantappp…

Spot Foto yang Natural

Lukisan alam yang ada di Kertoembo ini nggak kalah menariknya. Kita bisa memilih spot foto yang eye catching banget disana. Ada tempat rumah Belanda juga yang classic, view lebatnya hutan gunung wilis, sungai yang mengalir sama air terjun. Karena saya masih belajar ya soal fotografi jadi hasil jepretannya masih biasa-biasa aja. Hehe . Inilah hasil foto saya dan temen2 saat ngecamp di sana. Untuk hasil beberapa foto saya dan temen-temen saya taruh dibawah ya.

Makan Bersama

Jangan lupa kalau mau datang ngecamp preparenya harus lengkap ya, biar seru. Supaya nggak cuman makan mie instan aja. Hehe.

Kami merencanakan untuk makan-makan bareng dengan menu rica-rica. Serunya lagi saat proses masak, kita bagi tugas. Ada yang menyiapkan bumbu, ada yang motongin ayam, ada juga yanf cuman sesi dokumentasi (yaitu saya) hehehe..

Setelah dirasa semua lengkap, langsung kita gass untuk di masak semua. Bumbu2 di masukan, begitu juga ayam, dll.

Keseruan kita bertambah saat Ayam yang kita masak sudah matang. Kita makan bareng, ini adalah moment yang luar biasa banget. Makan di hutan, sambil denger gemericiknya sungai, dan suasana yang dingin menjadi kisah cerita yang sulit untuk dilupakan. Hehe

Malam Hari

Kegiatan kita di malam hari cuman ngobrol santai dan berdiskusi dengan temen-temen. Sambil nge grill. Nggak banyak aktifitas yang kita lakukan. Makan, diskusi habis itu tidur. Ternyata mulai jam 12 keatas, disana cuacanya dingin banget.

Oh iya untuk cerita saya dan temen berupa video lain, bisa tonton vlognya gus farid di bawah ini. Di dalam video ini akan di ajarkan cara pasang tenda yang tepat dan cara menanak nasi yang baik saat di alam bebas. Selengkapnya di bawah ini ya.

Mungkin ini dulu cerita saya saat camp di kertoembo, kec kare kab madiun. Menurut saya ini adalah tempat camp yang rekomendasi banget. Baik untuk solo camp ataupun bersama sahabat dan keluarga. Sejenak untuk healing disini bisa menjadi salah satu obat dikala pekerjaan sudah mulai penat.

Saya berharap sih, pihak pemerintah khususnya Kab Madiun, mulai memperhatikan Camping Ground di Kertoembo ini. Menurut saya ini bisa menjadi destinasi wisata yang oke, jika dikelola dengan baik. Paling tidak akses jalan menuju di lokasi kertoembo diperbaiki. Sehingga memudahkan para wisatawan untuk sampai di lokasi dan bisa menikmati keindahan Kertoembo beserta air terjunnya.

Oke temen-temen thanks sudah membaca sampai habis. Semoga jiwa traveling kalian bergejolak dan mau datang di tempat wisata ini. Sukses untuk Anda semua, see you to the top…