Self Improvement, Tips & Trik

3 Tips Membaca Buku yang Suimple. Bagi Kamu yang masih malas membaca Buku

Slogan “buku adalah jendela dunia” ini sering kita dengar bukan? Tapi tak jarang orang yang mengabaikannya. Dan salah satunya adalah saya. Dulu saya ini adalah orang yang males banget baca buku. Mending pegang smartphone dari pada baca buku. Setuju ya?

Sebelumnya,

Di artikel ini saya terinspirasi setelah melihat survei yang ada di indonesia tentang budaya membaca. Dan ternyata sangat mencengangkan menurut survei UNESCO pada 2011 menunjukkan indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, hanya ada satu orang dari 1000 penduduk yang masih mau membaca buku secara serius (tinggi).

Hhmm.. gimana kira-kira menurutmu? Keren bukan.

Kalau kita semua setuju bahwa Indonesia mau maju, dengan melihat survei tersebut kira-kira bisa terwujud nggak ya? Anda sudah tahu kok jawabannya..

Dan, sedikit iseng, saya melakukan riset kecil-kecilan sama temen-temen terdekat, ternyata sama, sedikit sekali yang rajin membaca buku. Alasan utama sih malas dan nggak punya waktu.

Sama dulu saya juga begitu lihat aja udah mual-mual. Apalagi kalau lihat bukunya udah tebal seperti bantal gitu, ahh pengen buang aja rasanya.

Tapi, seiring berjalannya waktu karena efek bujukan dari kakak dan setelah ku berangan-angan ria membaca buku ternyata banyak sekali manfaatnya. Rasanya kalau 1 hari tidak membaca buku ada yang kurang gitu.

Karena selain menambah wawasan, habbit membaca buku, ternyata menjadi kebiasaan orang-orang sukses, contoh saja Bung Karno, Bill Gates, Warren Buffet, Mark Zukerberk dll. Bahkan orang-orang kaya didunia mempunyai perpustakaan sendiri. Ini membuktikan bahwa membaca buku adalah hal yang penting untuk meraih kesuksesan.

Masak sih Anda tidak mau sukses?

Memang sih, membuang habbit lama dengan habbit baru tentu tak mudah. Tapi, kalau tidak di coba sampai kiamat pun ya nggak ada perubahan.

Disinilah ijinkan saya untuk sharing pengalaman, dulunya yang nggak banget baca buku sekarang jadi seperti kecanduan gitu.

Tips membaca buku yang suimpel.

Okey, simak sampai habis ya.

1. Cari dan Baca BAB yang paling Anda sukai

Hal yang sering aku lakuin sebelum membaca sampek habis biasanya lihat dulu itu daftar isinya. Kira-kira dari daftar isi tersebut yang paling menarik ada pada bab berapa? kalau sudah ketemu langsung cari dan dibaca.

Nanti nggak paham dong wil?

Ahh, menurut saya nggak papa sih untuk awal-awal kita membaca secara acak. Yang penting fokus utama kita yaitu membentuk kebiasaan dulu. Kalau sudah terbiasa nanti bacanya boleh dari awal sampai akhir. gitu..

2. Sediakan waktu minimal 5 menit setiap hari

Tidak usah lama-lama untuk membaca buku, cukup 5 menit sehari untuk membentu kebiasaan baru dalam membaca buku. 5 Menit apakah lama? dari waktu 24Jam. Tentu tidak bukan?
Meskipun hanya cuman 1 paragraf doang nggak masalah kok, yang peting Anda lakukin secara rutin ya bahasa kerennya Konsisten (istiqomah). Hal inilah yang dulu saya lakukan supaya terbiasa membaca buku. Meluangkan waktu 5 menit setiap harinya. Dulunya saya pagi hari sebelum aktifitas membaca dulu, bahkan sampai sekarang menjadi hal yang ringan.

3. Bawa bukumu kemana aja

Nah, ini yang terakhir silahkan bawa buku Anda kemana aja. Entah di baca atau tidak yang penting silahkan masukan ke dalam tas. Apalagi kalau Anda mau pergi ke fasilitas umum seperti rumah sakit, bayar pajak, gedung-gedung pemerintahan, dll. Biasanya Anda akan mengalami antrian yang panjang. Mau tidak mau Anda harus menunggu, sebaring menunggu tersebut, buku sangat berguna sekali, mengobati rasa jenuh Anda. Wes pokoknya buku itu selalu Anda bawa kemana aja, udah gitu aja. Nanti secara tidak sadar Anda akan megang dan membaca buku tersebut

Nah, mungkin itu dia sedikit sharing saya kali ini. Tips membaca buku yang suimple, supaya tidak malas. Harapan saya ini bisa membantu temen-temen yang ingin meerubah kebiasaan baik. Semoga bermanfaat. Thanks..