Bisnis

Tidak Fokus Penghambat Anda meraih Kesuksesan dalam Bisnis

Di kesempakatan kali ini saya ingin berbagi kepada temen-temen semua. Hal ini supaya temen-temen tidak jatuh di lubang yang sama, yang sering saya lakukan.

Karena, telalu sering jatuh di lubang yang sama secara terus-menerus itu tidak enak. Semoga Anda jauh lebih baik dari pada perjalanan saya dalam belajar berbisnis.

Membangun bisnis memang tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan yang hanya sekejap, banyak sekali tantangan yang menyebabkan bisa gagal dan bahkan bisa berhenti seketika.

Banyak bisnis yang tumbuh tapi disisi lain banyak juga yang berjatuhan.

Bisnis itu Sangat kompleks sekali. Bila Anda sebagai owner, di tuntut untuk paham semua lini. Simple saja mulai dari produksi, manajemen, marketing dan leadership. Itu khowledge yang wajib Anda pahami. Nggak cukup untuk paham tapi pandai dalam penerapaannya.

Sedikit gambarannya sih seperti itu. Karena bicara soal bisnis itu wah luar biasa sekali deh pokoknya. Jan greget poll bos.

Meskipun, saya sendiri masih terbilang tahap proses belajar soal bisnis, ijinkan saya kali ini sharing pengalaman saya menaungi jalan yang penuh ketidak pastian ini. Tapi, perjalanannya sangat menantang.

Harapan saya Anda sebagai seorang pebisnis tidak jatuh di lubang yang sama seperti saya.

Kesalahan yang sering saya lakukan sehinga banyak bisnis yang saya buka terus jatuh adalah karena Tidak Fokus. Sering gonta ganti bisnis.

Biasanya kalau Anda bertanya kepada seseorang yang belum pernah terjun dalam bisnis, mereka akan bingung. mau bisnis apa? Terus Peluang bisnisnya apa?

Tapi, kalau Anda bertanya kepada seorang pebisnis sungguhan, namanya peluang itu pasti banyak sekali. Apalagi di indonesia ini, yang target marketnya luar biasa banyaknya sedangkan Resource bisnis masih terbilang kecil. Menurut survei pengusaha di indonesia ini baru 3,10% dari total jumlah pendudukan yang saat ini sebanyak 225 juta jiwa.

Dan inilah yang selama ini saya alami setiap mata memandang barang, produk, target market atau kebiasaan orang aja, entah kenapa insting kepala ini muncul sebuah ide bisnis baru tanpa disadari.

Secara langsung sudah terprogram dari hulu ke hilir. Mulai dari strategi marketing sampai ke manajemen bisnis. Secara gambaran aja.

Disisi lain Alloh menitipkan ini semua adalah sebuah anugerah. Tapi, bagi saya yang masih terbilang belajar ini masih tergoda dan goyah, melihat bidang bisnis lain lebih menjanjikan ketibang bisnis yang sedang saya lakukan sekarang ini. Akibatnya pindah bisnis baru, bisnis lama di tinggal, harapan bisa lebih baik malah ambyar semua

Ini sering sekali saya alami. Gonta ganti bisnis yang tak terhitung. Wes pokoke banyak, Ngelu rasane bos.

Jadi, disilah inti dari artikel saya kali ini soal FOKUS.

FOKUS itu sangat penting dalam menjalankan bisnis, karena dengan Fokus energi dan pikiran kita tidak terbagi. Hasilnya pun juga lebih maksimal. Pada dasarnya manusia ini masih ada keterbatasan, tangan hanya 2, kaki juga 2. Jadi harus satu, per satu lebih dahulu. Kalau semua diayahi, hasilnya bisa ambyar.

Kalau sekarang Anda sekarang ini sedang menjalankan bisnis baru, paling tidak Anda fokus untuk 1-2 Tahun kedepan. bahkan kalau bisa sampai 3-4 tahun. Kalau bisnis Anda sudah berjalan dengan baik, dan sustainable Anda bisa beralih ke bisnis lain.

Jangan sampai Anda baru berjalan 1 tahun tapi langsung pindah bisnis lain, karena Anda berfikirnya bisnis Anda sekarang ini tidak menjanjikan.

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap bidang bisnis itu memiliki kelebihan dan kekurang. Tidak ada yang sempurna 100%. Ada trendnya, kadang naik kadang juga Turun. Itu sudah pasti.

Sama halnya dalam membidik DIA, kalau tidak memfokuskan Perhatian dan Kasih Sayang, maka siDia akan digagas oleh Garangan lainnya. Btw, yang terakhir ini tidak relevan banget ya. hehehe. Maaf sengaja saya sempitkan dalam artikel ini supaya sedikit ada hiburan.

Pokoknya itu, jika kita ingin sukses dalam menjalankan berbisnis, FOKUS ini sangat penting. Bahkan tidak hanya bisnis saja ya, di semua lini kehidupan.

Maka dari itu, yuk kita sama – sama fokus dengan bisnis yang sedang kita jalankan saat ini. Kalau masih baru, kita survive untuk 1-2 tahun kedepan untuk membangun Pondasi dan Sistemasi bisnis.

Saya rasa tulisan kali ini saya sudahi sampai disini. Semoga tulisan yang kurang berfaedah ini, bisa berfaedah untuk Anda.

Sedikit coretan ini semoga bisa memberi wawasan untuk Anda supaya lebih semangat dalam menjalankan bisnis.

Jika bermanfaat silahkan di shareya. Thanks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *