Apa itu Mindset
Self Improvement

Apa itu Mindset? Tentang Pola Pikir yang memengaruhi perubahan besar dalam Kehidupan

Di tulisan kali ini saya mencoba berbagi merekap tentang Mindset, ya tentang pola pikir manusia. Hal yang sudah saya dapatkan dari bukunya Carol S Dweck, berjudul Mindset.

Dari bukunya tersebut sangat menarik menurut saya, penelitian-penelitian yang di kerjakan beliau menunjukkan betapa berpengaruhnya tentang mindset dalam kehidupan manusia.

Tentang hal yang menunjukan kekuatan dan kepercayaan dari manusia, yang bisa melejitkan potensi terbaik.

Kalau kita merenung sejenak, manusia memiliki kelebihan yang luar biasa, pembeda dari mahluk lain adalah di anugerahkan berupa otak yang di fungsikan untuk berfikir.

Dari disini sebagai pembeda, kita bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Mana yang harus di ambil dan mana yang harus di tinggalkan.

Dalam buku berjudu mindset Carol S Dweck mengutarakan bahwa “Pandangan yang Anda adopsi untuk diri Anda sangat memengaruhi cara Anda mengarahkan kehidupan”.

Inilah mengapa manusia memiliki jalan hidup yang berbeda – beda.

Apa itu Mindset?

Mindset terdiri dari dua kata yaitu mind dan setmind is seat of thought and memory; the center of consciousness that generates thoughts, feelings, ideas, and perceptions, and stores knowledge and memories (sumber pikiran dan memori, pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, persepsi menyimpan pengetahuan dan memori. Set is a preference for or increased ability in a particular activity (mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan, biasa juga diartikan keadaan utuh /solid).

Menurut Mulyadi bahwa, Mindset Adalah posisi atau pandangan mental seseorang yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu fenomena. Mindset terdiri dari seperangkat asumsi, metode atau catatan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok yang tertanam dengan sangat kuat.

Gimana? bahasanya berat banget ya. hahaha..
Bikin kepala jadi pusing. Semoga Anda paham. he

Mau lanjut? Silahkan scroll lagi ya. Di bawah ini saya akan memaparkan jenis-jenis mindset. Yang telah aku rangkum sederhana supaya mudah di pahami.

Mindset sendiri di bagi menjadi 2 yaitu Growth Mindset (Mindset Tumbuh) dan Fixed Mindset (Mindset Tetap). Kita bahas satu per satu ya..

Growth Mindset (Mindset Tumbuh/Berkembang)

Mindset berkembang merupakan mindset yang didasarkan bahwa kualitas dasar pada diri manusia dapat diolah melalui upaya-upaya tertentu.

Meskipun, setiap orang berbeda-beda dalam banyak hal namun masing-masing orang dapat berubah dan berkembang melalui pembelajaran dan pengalaman.

Ciri-ciri mereka yang memiliki mindset berkembang adalah ia yang memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat serta bukanlah fungsi atau keturunan, ia yang suka menerima tantangan, ia yang memiliki pemikiran positif dan ia yang dapat belajar dari kritik yang ia terima.

Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Mindset yang satu ini adalah mindset yang akan sesuai terhadap kepercayaan bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan.

Ciri-ciri mereka yang memiliki mindset tetap adalah ia yang memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat atau sifat merupakan fungsi hereditas atau keturunan, ia yang relatif menghindari suatu tantangan, ia yang lebih mudah menyerah, ia yang memiliki anggapan bahwa usaha tidak ada manfaatnya, ia yang mengesampingkan kritik dan ia yang merasa terancam dengan kesuksesan orang lain.

Oke supaya lebih mudah lagi untuk memahami 2 jenis mindset diatas, saya akan memberikan sebuah cerita atau ilustrasi.

Sebut saja namanya Jono, dia adalah seorang pemuda mahasiswa. Suatu hari Jono memasuki kelas yang sangat penting, kelas ini sangat di sukai oleh Jono mata kuliahnya adalah Matematika, dan dosen yang mengajarpun sangat menyenangkan.

Kebetulah pada saat itu Sang Dosen membagikan hasil ujian tengah semester kepada mahasiswanya. Dan ternyata Si Jono ini mendapatkan nilai C-. Jono sangat kecewa melihat nilai tersebut.

Di sore hari waktu perjalanan pulang dari kampus Jono ketilang oleh Pak Polisi karena melanggar Rambu-rambu lalu lintas, tidak memakai master dan surat mengemudinya pun ketinggalan dirumah. Sangsi yang di berikan Jono pun sangat berlapis beserta denda sebesar 300.000

Nah, jika Anda posisinya seperti Jono tersebut kira-kira.
Apa yang Anda pikirkan???
Apa yang Anda rasakan???
Dan, apa yang Anda lakukan???

Kalau orang yang bermindset tetap, inilah jawaban mereka :
“Aku gagal total”
“Aku seorang idiot”
“Aku seorang pecundang”
“Aku merasa tidak berguna dan bodoh”
“Aku adalah sampah”

Dengan kata lain mereka memandang kejadian tersebut sebagai ukuran langsung dari kopetensi dan nilai pada kehidupan mereka.

Bila orang bermindset tumbuh, inilah jawabannya :
“Aku harus berusaha lebih keras di kelas, lebih teliti lagi melihat rambu lalu lintas, mematuhi protokol kesehatan dan sebelum berangkat mengecek surat mengemudi di dalam dompet”
“Nilai C-, tidak masalah. Kan masih tengah semester masih ada waktu untuk perbaikan”
“Uang 300.000 hilang karena di tilang tidak masalah, memang salah saya. Kedepan harus di perbaiki lagi supaya lebih berhati-hati dan tidak lali membawa sim.”

Gimana temen-temen sudah mulai paham soal mindset?

Di Mindset manakah Anda sekarang ini? Fixed Mindset atau Gworth Mindset?

Bisa Anda renungkan ya. Hehe

Bisa di garis bawahi, pola pikir inilah yang menentukan jalan hidup seseorang. Apa yang mereka pikirkan inilah yang akan mereka dapatkan dalam kehidupannya.

Mungkin cukup dulu untuk artikel saya kali ini. Harapan saya tulisan yang kurang berfaedah ini bisa berfaedah untuk temen-temen semua.

Jangan lupa kalau emang tulisan ini berfaedah, share di sosmed Anda ya. Thanks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *