Belajar CopyWriting. Apa Itu CopyWriting?
CopyWriting

Apa Itu CopyWriting? Seni Menjual Dengan Modal Tulisan

Jika sekarang ini Anda sedang bergelut di dunia online, maka secara tidak langsung Anda akan berhubungan dengan yang namanya KONTEN.

Konten disini bisa berupa artikel, gambar, video bahkan audio popcast. Dalam mengisi konten Anda pasti akan membutukan yang namanya “Teks”.

Maksudnya gini…

Untuk posting di status sosial media Anda memerlukan teks berupa KATA-KATA. Kalau di Youtube Video Anda memerlukan HEADLINE/JUDUL dan DESCRIPSI itu juga memerlukan “TEKS” dan KATA-KATA. Dari semua media digital bahkan offline sekalipun lagi-lagi perlu yang namanya “TEKS” dan “KATA-KATA”.

Nah, mka dari itu untuk memikat para pembaca Anda perlu keahlian dalam menulis kata-kata menjadi sebuah kalimat. Untuk itu Anda perlu yang namanya teknik CopyWriting.

Sebelumnya…

Pernahkan Anda membaca sebuah konten website atau status di sosial media yang menurut Anda bagus banget. Tata bahasanya enak di baca, mudah di cerna, dan mudah di pahami.

Selain itu, terkadang dengan hanya berupa kata-kata, setelah membaca artikelnya tersebut terus teringat di kepala Anda.

Bahkan, tanpa sengaja jika Anda membaca sebuah penawaran Produk, merasa tidak di jualin, tiba-tiba Anda berminat untuk membeli produk tersebut.

Apakah Anda pernah mengalami hal semacam itu?
Jika “IYA”. Itu namanya Anda telah terhipnotis dengan teknik CopyWriting…

Bayangkan kalau Anda bisa menulis Artikel/Konten seperti yang pernah Anda BACA? Bagaimana reaksi para pelanggan Anda? Bagaimana VIRALnya Konten Anda?

Tentunya..

Bakal laris jualannya. Dan Anda akan mudah di kenal banyak orang.

Nah, kira-kira sudah mulai ada Gambaran mengenai CopyWriting ya?

Ijinkan saya, kali ini untuk berbagi kepada Anda. Mengenai CopyWriting.

Apa yang dimaksud CopyWriting?

CopyWriting terdapat dua kata Copy dan Writing, dimana Copy artinya konten berupa kata-kata yang dibuat dengan tujuan pemasaran.

Jadi copy itu dapat diaplikasi dalam banyak bentuk. Jika copy itu dibacakan, misalnya dalam sebuah iklan maka bentuknya menjadi suara bukan lagi teks. Copy ini bukanlah copy yang berarti salinan.

Lalu copywriting merupakan teknik yang digunakan untuk membuat copy.

Sedangkan copywriter adalah orang yang membuat copy.

Jadi…

CopyWriting adalah salah satu teknik seni dalam penulisan yang bertujuan untuk mendapat respon/tindakan dari pembaca.
Respon/tidakan bisa berupa :

  • Pembelian produk
  • Pemesanan jasa
  • Download File/Aplikasi
  • Pendaftaran keanggotaan
  • Pendaftaran subscriber
  • Like, Komen, Share
  • Dan lain-lain

Tidakannya bermacam-macam. Tapi, intinya sebuah tindakan yang diinginkan oleh si penulis CopyWriting.

Dulunya CopyWriting hanya digunakan untuk kebutuhan Advertorial seperti sales letter, banner, browsur, billboard. Namun dengan perkembangan zaman bertumbuhnya teknologi informasi kini CopyWriting di anggap sangat penting. Karena CopyWriting dapat di gunakan di media pemasaran, meliputi :

  • Artikel blog
  • Landing page
  • Email newsletter
  • Post Media Sosial
  • Headline dan meta description pada hasil pencarian Google
  • Judul dan Deskripsi Video
  • Iklan berbayar di Google ADS
  • Iklan Facebook Ads
  • Dll.

Alasan Kenapa Anda Harus Belajar CopyWriting?

PERLU anda ketahui bahwa, semakin hari customer semakin pintar dalam memilih barang yang mereka beli. Kalau saya menyebutnya smartpeople. Jadi jika Anda sebagai seorang penjual Anda perlu lebih pintar lagi dalam melakukan promosi. Dengan cara promosi yang terus itu-itu saja akan membuat orang semakin jenuh. Akibatnya produk yang Anda jualpun tidak laku.

Mempelajari CopyWriting merupakan salah satu teknik skill menjual yang sangat populer. Dengan memahami ilmu copywriting Anda bisa mempersuasif pembaca melalui tulisan. Bukan soal mendapatkan penjualan saja, melainkan apa yang Anda inginkan bisa Anda lakukan dengan mengunakan teknik CopyWriting.

Sejarah CopyWriting

John Emory Powers adalah seorang CopyWriter pertama di dunia, sejak tahun 1870 dia mempopulerkan teknik menjual dengan mengunakan kata-kata.

John Emory Powers mulai menulis iklan sebagai pekerjaan paruh waktu. Pada Mei 1880, ia pindah ke Philadelphia untuk bekerja di toko Grand Depot. Berkat keahliannya dalam menulis iklan pendapatan toko tersebut meningkat dua kali lipat dari $ 4 juta menjadi $ 8 juta.

Manfaat Apa yang bisa Anda dapatkan jika belajar Copywriting?

Setelah mengenal copywriting mungkin dalam otak kecil Anda terlintas dalam sebuah pertanyaan?
Apa sih benefitnya jika saya itu punya skill copywriting.?
Okey, disini saya kasih ada 2 sudut pandang secara umum yang bisa Anda dapatkan jika mahir dalam copywriting ini.

Ya pertama, jika sekarang ini Anda sebagai seorang pemilik bisnis, tentunya Anda ingin melihat bisnis anda semakin berkembang bukan? Nah, bengan paham soal copywriting Anda bisa memanfaatkan skill ini untuk meningkatkan Penjualan, Loyalitas Customer dan Referal.

Yang Kedua, menjadi copywriter profesional. Jika Anda ingin berkarir menjadi CopyWriter sekarang ini peluangnya masih sangat besar. Anda bisa bekerja di Agensi Periklanan, Perusahaan, bahkan bisa juga Freelance. Karena diluar sana yang membutuhkan CopyWriting itu sangat banyak.
Untuk menjadi seorang CopyWriter tidak ada jenjang pendidikan, semakin Anda lihai dalam menuliskan kata-kata yang bisa membius para pembaca, bayaran Anda bisa semakin besar.

Nah, berminatkan Anda untuk belajar lebih dalam soal CopyWriting?

Cukup sekian sharing saya kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *