Bisnis

Kenapa Pembeli Bisa Loyal?

Mendatangkan pelanggan baru memang penting, tapi menjaga pelanggan lama supaya tidak pergi kelain hati menurut saya jauh lebih penting.

Yuk, kali ini kita diskusi bareng soal loyalitas pembeli.

Memberikan sebuah pelayanan yang bagus, sampai membuat customer bisa puas dan bahagia memiliki nilai prioritas yang lebih tinggi.

Pasalnya ini lah yang menjadi faktor bisnis yang kita jalankan bisa berjalan secara suntinable atau hanya sebentar saja.

Menurut saya ada beberapa alasan mengapa pelanggan Anda menetap atau menjadi loyal kepada bisnis Anda.

Pelanggan yang loyal dalam dunia bisnis biasanya disebut dengan Behavioral Loyalty. Biasanya pelanggan seperti ini menjadi loyal dengan bisnis Anda karena mereka tidak punya pilihan lain, atau secara logis bisnis Anda lebih mudah untuk ditemukan/diakses oleh pelanggan Anda.

Contoh saja seperti yang saya alami sering kali saya beli nasi pecel di penjual yang sama. Alasannya deket. Meskipun kalau mau beli kepenjual lain juga bisa. Tapi karena terkendala jaraknya yang jauh, lebih memilih penjual yang terdekat. Meskipun waktu antriannya panjang pasti akan saya tunggu untuk mendapatkan sebungkus nasi pecel

Atau Anda beli kebutuhan rumah tangga seperti sabun mandi, sampo, sabun cuci, dll. Anda akan selalu beli di toko terdekat.

Yang kedua, soal pelayanan. Hal ini berhubungan dengan emosional seorang penjual dengan pembeli.
Contohnya pernah nggak Anda beli barang kepada teman atau sahabat karena anda merasa nyaman dengan orangnya.

Padahal Anda tahu bahwa barang yang di jual lebih mahal dari harga pasaran. Tapi Anda belinya di situ. Karena Anda tidak punya pilihan, Anda terlanjur trust dengan penjualnya. Ada jalinan emosional yang mendorong Anda mau beli produknya mereka.

Atau Anda sudah terlanjur cinta pada suatu brands / produk tertentu. Misalnya saat beli pasta gigi Anda lebih memilih Pepsodent bukan Ciptadent atau Sensodent.

Alasannya sederhana Anda sudah terbiasa dengan produk pepsodent, sudah jatuh cinta dengan pasta gigi tersebut. Jika di rak toko ada pilihan pasta gigi kemungkinan besar Anda tetap memilih Pepsodent.

Itulah Behavioral Loyalty, alasan seperti ini penting untuk bisnis Anda, karena mengindikasikan bisnis Anda dibutuhkan oleh pelanggan, dan tentu saja, akan banyak membantu cashflow (arus kas.)

Namun, saat pelanggan Anda tidak bahagia, mereka akan bisa dengan mudah pindah ke lain hati, bisnis lain.

Memang tidak mudah untuk membuat pelanggan menjadi loyal dengan bisnis yang kita jalankan. Tapi, sekali berhasil maka bisnis Anda akan bertahan lama dan mudah untuk berkembang.

Cukup ini dulu artikel saya kali ini. Semoga coretan yang nggak berfaedah ini saya harap berfaedah untuk Anda yang mau membaca sampai habis. Thanks.
Jangan lupa share ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *